Alilanthoq Blog

DARAH MANUSIA DAN GUNANYA DALAM TUBUH

Posted on: Desember 31, 2010

Darah merupakan gabungan dari cairan,sel-sel dan partikel yang menyerupai sel, yang mengalir dalam arteri, kapiler dan vena; yang mengirimkan oksigen dan zat-zat gizi ke jaringan dan membawa karbon dioksida dan hasil limbah lainnya. Darah manusia berwarna merah, warna merah disebabkan oleh Hemoglobin, yaitu protein darah yang mengandung zat besi (heme), yang merupakan tempat melekatnya molekul-molekul oksigen (http://id.wikipedia.org/Darah)

KOMPONEN CAIRAN.

Lebih dari separuh (55%) bagian dari darah merupakan cairan (plasma), yang sebagian besar mengandung garam-garam terlarut dan protein. Protein utama dalam plasma adalah albumin. Protein lainnya adalah antibodi (imunoglobulin) dan protein pembekuan.

– mengandung hormon-hormon, elektrolit, lemak, gula, mineral dan vitamin.
– merupakan cadangan air untuk tubuh
– mencegah mengkerutnya dan tersumbatnya pembuluh darah
– membantu mempertahankan tekanan darah dan sirkulasi ke seluruh tubuh.
– mendinginkan dan menghangatkan tubuh sesuai dengan kebutuhan.

KOMPONEN SEL

Sekitar 45% bagian dari darah merupakan komponen Sel Darah, yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu :

1. Sel darah merah (eritrosit).

Merupakan sel yang paling banyak dibandingkan dengan 2 sel lainnya, dalam keadaan normal mencapai hampir separuh dari volume darah. Sel darah merah mengandung hemoglobin, yang memungkinkan sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh jaringan tubuh. Oksigen dipakai untuk membentuk energi bagi sel-sel, dengan bahan limbah berupa karbon dioksida, yang akan diangkut oleh sel darah merah dari jaringan dan kembali ke paru-paru.

2. Sel darah putih (leukosit).

Jumlahnya lebih sedikit, dengan perbandingan sekitar 1 sel darah putih untuk setiap 660 sel darah merah. Terdapat 5 jenis utama dari sel darah putih yang bekerja sama untuk membangun mekanisme utama tubuh dalam melawan infeksi, termasuk menghasilkan antibodi. Yaitu :

  • Neutrofil,

Diisebut juga  granulosit karena berisi enzim yang mengandung granul-granul, jumlahnya paling banyak. Neutrofil membantu melindungi tubuh melawan infeksi bakteri dan jamur dan mencerna benda asing sisa-sisa peradangan.
Ada 2 jenis neutrofil, yaitu neutrofil berbentuk pita (imatur, belum matang) dan neutrofil bersegmen (matur, matang).

  • Limfosit

memiliki 2 jenis utama, yaitu limfosit T (memberikan perlindungan terhadap infeksi virus dan bisa menemukan dan merusak beberapa sel kanker) dan limfosit B (membentuk sel-sel yang menghasilkan antibodi atau sel plasma).

  • Monosit

mencerna sel-sel yang mati atau yang rusak dan memberikan perlawanan imunologis terhadap berbagai organisme penyebab infeksi.

  • Eosinofil

membunuh parasit, merusak sel-sel kanker dan berperan dalam respon alergi.

  • Basofil  juga berperan dalam respon alergi.

 

3.Platelet (trombosit).

Merupakan paritikel yang menyerupai sel, dengan ukuran lebih kecil daripada sel darah merah atau sel darah putih.

Sebagai bagian dari mekanisme perlindungan darah untuk menghentikan perdarahan, trombosit berkumpul pada daerah yang mengalami perdarahan dan mengalami pengaktivan. Setelah mengalami pengaktivan, trombosit akan melekat satu sama lain dan menggumpal untuk membentuk sumbatan yang membantu menutup pembuluh darah dan menghentikan perdarahan. Pada saat yang sama, trombosit melepaskan bahan yang membantu mempermudah pembekuan.

Sel darah merah cenderung untuk mengalir dengan lancar dalam pembuluh darah, tetapi tidak demikian halnya dengan sel darah putih. Banyak sel darah putih yang menempel pada dinding pembuluh darah atau bahkan menembus dinding untuk masuk ke jaringan yang lain.

Jika sel darah putih sampai ke daerah yang mengalami infeksi atau masalah lainnya, mereka melepaskan bahan-bahan yang akan lebih banyak menarik sel darah putih.
Fungsi sel darah putih adalah seperti tentara, menyebar di seluruh tubuh, tetapi siap untuk dikumpulkan dan melawan berbagai organisme yang masuk ke dalam tubuh.

Sumber : http://medicastore.com/penyakit/160/Biologi_Darah.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Its Me

SELAMAT DATANG

Hai..sobat, blog ini aku jadikan flasdisc di diawang-awang, aku tulis apa yang ingin aku tulis, aku simpan apa yang ingin aku simpan, seputar anatomi dan fisiologi manusia, penyakit dan materi kuliah keperawatan Semoga bermanfaat...
Desember 2010
S S R K J S M
« Agu   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

RSS Blog seorang dokter

  • Download Buku Putih PB IDI Menolak Program DLP April 29, 2017
    Puji syukur kehadirat Allah SWT , Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya , PB IDI melalui Tim
    dokterMade
  • Nasib Rakyat Ditangan Dokter April 28, 2017
    Diskusi Publik PB IDI pada tanggal 26 April 2017 dengan tema “DEFISIT DANA JKN” ANCAMAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DAN
    dokterMade
  • Gunakan Meditasi Untuk Redakan Gejala Penyakit Berikut April 25, 2017
    Meditasi yang kita kenal saat ini sejatinya sudah dipraktekkan oleh nenek moyang kita ribuan tahun yang lalu. Pada saat itu,
    dokterMade
  • Vena Jugularis April 23, 2017
    Vena jugularis terletak di leher yang berfungsi untuk mengalirkan darah dari kepala, otak, wajah dan leher menuju jantung. Vena jugularis
    dokterMade
  • [Video] Tips Sederhana Mengobati Sengatan Lebah April 22, 2017
    Pernah disengat lebah? Yang paling ditakuti dari sengatan lebah ini adalah munculnya reaksi alergi yang gejalanya bisa ringan sampai berat.
    dokterMade
%d blogger menyukai ini: