Alilanthoq Blog

Bernapas

Posted on: Desember 24, 2010

Bernapas adalah peroses mengeluarkan dan memasukkan udara dari dan ke paru-paru melalui  saluran pernapasan. masuknya udara ke paru-paru karena tekanan didalam paru-paru rendah kalau tinggi udara tidak dapat masuk, tekanan yang rendah ini disebabkan karena pengaruh diafragma yang kontraksi (turun ke bawah), tulang rusak yang mengembang (termasuk otot-otot diantara rusuk) dan menyebabkan rongga dada mengembang, hal inilah yang menyebabkan tekanan didalam paru-paru rendah sehingga udara bisa masuk.

 

Masuknya udara ke paru-paru adalah untuk menyerap Oksigen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, tanpa oksigen segala mekanisme didalam tubuh akan terganggu. oksigen yang diserap ini diberikan ke darah..proses pemberian ini terjadi di alveoli dan disebut proses difusi, dimana oksigen yang diberikan ke darah itu ditukar dengan Karbondioksida, Oksigen ini kemudian diikat oleh Hemoglobin (Hb) kemudian Hb berubah nama menjadi Oksihemoglobin, selanjutnya Oksihemoglobin bergerak didalam sistem peredaran darah untuk membagi-bagi oksigen yang dibawanya ke jaringan2 atau sel2, setelah oksigen yang dibawa Hb itu habis, maka Oksihemoglobin itu menjadi Hb kembali, untuk menjadi Oksihemoglbin lagi harus ada pemberian Oksigen oleh paru-paru. nah proses ini merupakan suatu siklus yang tidak pernah akan berhenti sepanjang manusia itu hidup.

 

Pasokan oksigen ke tingkat jaringan atau sel di dalam tubuh akan terganggu atau berkurang bila salah satu sistem pernapasan kita terganggu (termasuk tulang rusuk dan otot dada), adanya gangguan pada sistem pencernaan yang menyebabkan diafragma tidak leluasa mengembang, dan adanya gangguan pada sistem peredaran darah. Hal-hal apa saja yang menyebabkan terganggunya saluran pernapsan, nanti dah saya posting lagi.

 

Tinggalkan komentar

Its Me

SELAMAT DATANG

Hai..sobat, blog ini aku jadikan flasdisc di diawang-awang, aku tulis apa yang ingin aku tulis, aku simpan apa yang ingin aku simpan, seputar anatomi dan fisiologi manusia, penyakit dan materi kuliah keperawatan Semoga bermanfaat...
Desember 2010
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

RSS Blog seorang dokter

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.