Alilanthoq Blog

SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

Posted on: Maret 16, 2010

SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA

Alat pencernaan makanan berfungsi untuk menghaluskan makanan , membunuh kuman yang masuk bersama makanan, dan mengubah zat-zat tertentu sesuai dengan kebutuhan tubuh.

A. Pencernaan Mekanik dan Pencernaan Kimiawi

Ada dua proses pencernaan , yaitu :

1. Pencernaan Mekanik

Pencernaan mekanik adalah proses perubahan makanan dari bentuk besar atau kasar menjadi halus. Pada manusia proses pencernaan mekanik terjadi antara lain di dalam mulut dengan bantuan gigi.

2. Pencernaan kimiawi

Pencernaan kimiawi adalah proses perubahan makanan dari bentuk complex menjadi bentuk yang lebih  sederhana dengan menggunakan enzim . Enzim adalah zat kimia yang berfungsi untuk mempercepat reaksi-reaksi kimia.

B.    Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia

1.    MULUT

Makanan yang masuk ke mulut mengalami pencernaan . Makanan dipotong-potong ,dirobek, dan dihaluskan oleh gigi (pencernaan secara mekanik ). Lalu makanan dbasahi dengan air liur dan selanjutnya didororng masuk kekerongkongan oleh lidah, yaitu :

a.    Kelenjar dibawah lidah yang di sebut kelenjar sublingualis.

b.    Kelenjar dibawah telinga yang disebut kelenjar parotis.

c.     Kelenjar dibawah rahang bawah yang disebut kelenjar submandibularis .

Pada mulut, selain terjadi pencernaan secara mekanik juga terjadi pencernaan secara kimiawi, yaitu dengan bercampurnya makanan yang telah dikunyah dengn air liur yang mengandung enzim ptialin (amilase). Enzi  ini berfungsi untuk mengubah amilum menjadi gula, yaitu maltose dan glukosa.

2. Gigi

Gigi brfungsi sebagai alat pencernaan mekanik , Secara umum, gigi manusia terdiri atas tiga bagian , yaitu :

a.    Mahkota gigi (korona ), yaitu bagian yang tampak dari luar.

b.    Leher gigi (kolum) , yaitu bagian gigi yang terlindung didalam gusi.

c.     Akar gigi (radiks), yaitu bagian gigi yang tertanam di dalam rahang.

Pada gigi terdapat beberapa lapisan, yaitu :

a.    Email adalah lapisan keras yang terdapat pada puncak gigi dan berfungsi melindungi tulang gigi.

b.    Tulang gigi , terbuat dari dentin yaitu jaringan berwarna kekuningan.

c.     Semen gigi (sementum), terdapat dilapisan luar akar gigi.

d.    Rongga gigi (pulpa), berisi saraf dan pembuluh darah.

Gigi dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :

a. Gigi seri

Gigi seri berbentuk seperti  pahat dan berfungsi untuk mengerat dan menggigit makanan.

b. Gigi taring

Gigi taring berbentuk seperti pahat runcing dan berfungsi untuk memotong dan mencabik atau merobek makanan.

c. Gigi geraham

Gigi geraham dibagi menjadi dua, yaitu gigi geraham depan dan gigi geraham belakang . Gigi geraham berfungsi untuk mengunyah dan melumatkan makanan.

Gigi anak-anak berbeda dengan gigi orang dewasa. Anak-anak pada usia 7-14 tahun masih memiliki gigi belum tetap yang disebut gigi susu. Gigi susu akan tanggal dengan sendirinya dan diganti dengan gigi yang baru. Jumlah gigi pada anak-anak adalah 20 buah. Gigi tersebut terdiri atas 8 buah gigi seri, 4 buah gigi taring, dan 8 buah gigi geraham.

Jumlah gigi pada orang dewasa adalah 32 buah, terdiri atas 8 buah gigi seri , 4 buah gigi taring, 8 buah gigi geraham depan, dan 12 buah gigi geraham belakang. Pada usia antara 18-45 tahun, gigi geraham bungsu atau gigi geraham paling akhir akan tumbuh. Gigi pada orang dewasa disebut gugu tetap atau gigi permanen yang jika  tanggal tidak ada penggantinya.

3. KERONGKONGAN

Kerongkongan berfungsi sebagai saluran penghubung antara rongga mulut dan lambung. Didalam kerongkongan , makanan didorong kearah lambung dengan gerak peristaltik. Gerak peristaltik adalah gerak memijit dan mendorong ke satu arah.

Pada pangkal kerongkongan terdapat dua saluran, yaitu saluran pernafasan dan saluran pencernaan. Kedua saluran tersebut dipisahkan oleh sebuah katub (klep ) yang disebut anak tekak. Di kerongkongan , makanan dibungkus oleh cairan yang disebut mukus. Mukus berfungsi seperti pelumas yang melicinkan saluran kerongkongan.

4. LAMBUNG

Lambung berbentuk seperti kantung yang terletak didalam rongga perut sebelah kiri atas. Didalam lambung, makanan yang berasal dari kerongkongan dicerna. Pada proses ini, dinding lambung mengeluarkan getah lambung yang mengandung beberapa zat, antara lain :

a.    Renin, berfungsi mengubah susu menjadi kasein.

b.    Pepsin, berfungsi mengubah protein menjadi pepton.

c.     Asam klorida (HCL ),berfungsi membunuh kuman yang masuk bersama makanan dan membantu melunakkan makanan yang keras,  dan mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin.

Lambung terdiri atas tiga bagian, yaitu:

a.    Kardia (bagian atas) merupakan daerah pintu masuk makanan , berdekatan dengan hati, dan berhubungan langsung dengan kerongkongan.

b.    Fundus (bagian tengah), bentuknya membulat.

c.     Pilorus (bagian bawah); berhubungan langsung dengn usus du belas jari.

Lambung memiliki dua otot melingkar , yaitu otot lingkar kardia dan otot lingkar pylorus. Otot lingkar kardia terdapat di daerah kardia dan berfungsi untuk mencegah makanan dari lambung kembali lagi ke kerongkongan. Otot lingkar pylorus dan hanya terbuka apabila makanan telah tercerna di lambung.

5.    USUS HALUS

Usus halus dibagi tiga, yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), usus penyerapan (ileum).

Usus dua belas jari merupakan muara pertemuan dua saluran yang berasal dari kelenjar pangkreas dan kantung empedu. Kantung empedu letaknya menempel pada hati. Hati menghasilkan getah empedu yang disimpan di dalam kantung empedu. Getah empedu ini akan mengubah lemak yang terkandung dalam makanan menjadi zat yang dapat di serap tubuh. Sedangkan Kelenjar pangkreas terletak di dekat usus dua belas jari dan menghasilkan beberapa enzim sebagai berikut.

a.    Enzim amilase pancreas, berfungsi mengubah amilum menjadi gula.

b.    Enzim tripsin , berfungsi mengubah protein menjadi asam amino.

c.     Enzim lipase, berfungsi mengubah lemak  menjadi asm lemak dan gliserol.

Ketika makanan masuk ke usus kosong (Jejenum) , makanan dicerna secara kimiawi dengan bantuan enzim pencernaan dari  pancreas. Makanan kemudian disalurkan ke usus penyerapan (Ileum). Diusus penyerapan (Ileum) , sari-sari makanan diserap oleh jonjot-jonjot usus untuk kemudian diedarkan keseluruh bagian tubuh. Dinding usus penyerapan ini berlipat-lipat agar bidang penyerapan  sari-sari makanan semakin luas.

Di dalam dinding usus penyerapan (Ileum) terdapat pembuluh darah dan pembuluh kil (pembuluh getah bening).  Asam lemak dan gliserol diedarkan melalui pembuluh getah bening, sedangkan asam amino, glukosa, vitamin, dan mineral diedarkan melalui pembuluh darah.

5. USUS BESAR (kolon)

Makanan yang tidak dapat diserap atau tidak sempat diserap akan mengalami Pembusukan oleh bakteri, misalnya Escherichia coli. Di usus besar juga terjadi penyerapan air. Usus besar terbagi dibagi menjadi tiga yaitu : usus besar naik (Asenden), usus besar mendatar (Transversus), usus besar  turun (desenden), Dari ujung bawah Asenden terdapat usus buntu (sekum) dan umbai cacing yang disebut juga Appendiks. Bagian akhir  usus besar dsebut poros usus ( Rektum ).

Air sisa metabolism diangkut oleh darah ke ginjal dan kulit. Air sisa metabolisme yang diangkut ke ginjal lalu dibuang sebagai air seni. Air sisa metabolism yang diangkut kekulit lalu dibuang sebagai keringat. Dari usus besar sisa-sisa makanan masuk ke rectum kemudian dikeluarkan melalui anus sebagai feces (kotoran). Anus memiliki dua otot gelang yaitu otot polos yang berada di dalam dan otot lurik yang berada di sebelah luar.

C. Hati

Hati merupakan organ terbesar yang terdapat didalam tubuh dengan berat sekitar 1-2 kg. Hati terletak dibawah rongga perut sebelah kanan (tepatnya dibawah rongga dada). Disebelah dalam organ hati terdapat kantung empedu yang berisi cairan empedu. Cairan empedu dialirkan kesaluran pencernaan untuk membantu pencernaan makanan.

Peran hati dalam system pencernaan adalah sebagai berikut.

Setelah makanan sampai didalam usus halus, sari-sari makanan mulai diserap oleh darah dalam pembuluh kapiler. Selanjutnya, sari makanan tersebut akan disaring oleh hati. Didalam hati, sari-sari makanan yang mengandung racun akan dinetralkan, sehingga tidak membahayakan tubuh. Dengn begitu, darah bebas dari racun dan kotoran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Its Me

SELAMAT DATANG

Hai..sobat, blog ini aku jadikan flasdisc di diawang-awang, aku tulis apa yang ingin aku tulis, aku simpan apa yang ingin aku simpan, seputar anatomi dan fisiologi manusia, penyakit dan materi kuliah keperawatan Semoga bermanfaat...
Maret 2010
S S R K J S M
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

RSS Blog seorang dokter

  • Docquity, Aplikasi CME Online Untuk Dapatkan SKP IDI Desember 9, 2016
    Undang Undang Praktek Kedokteran mewajibkan setiap dokter yang praktek di wilayah Indonesia untuk teregistrasi di Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Setelah mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR), seorang dokter baru boleh mengajukan permohonan untuk mendapatkan Surat Ijin Praktek (SIP). STR dan SIP…Membaca lebih Docquity, Aplikasi CME Online Untuk Dapatka […]
    dokterMade
  • 5 Kunci Kebiasaan Makan Yang Sehat Desember 8, 2016
    Kebiasaan makan kebanyakan dibentuk saat masa kanak kanak. Namun bukan berarti saat dewasa kita tidak bisa mengubah kebiasaan makan dari kebiasaan makan yang buruk ke kebiasaan makan yang lebih sehat. Mengubah pola dan kebiasaan makan ke arah yang lebih sehat…Membaca lebih 5 Kunci Kebiasaan Makan Yang Sehat ›
    dokterMade
  • Mari Mengenal Siklus Haid Seorang Wanita Desember 8, 2016
    Siklus haid merupakan ritual rutin bulanan yang dialami oleh seorang wanita saat usia reproduktif. Walaupun tiap bulan mengalami siklus haid, tidak semua wanita memahami apa yang terjadi pada tubuhnya saat siklus haid. Berikut video menarik yang menggambarkan apa yang dialami…Membaca lebih Mari Mengenal Siklus Haid Seorang Wanita ›
    dokterMade
  • Gempa Aceh Pidie Desember 7, 2016
    Turut berduka atas musibah bencana alam yang menimpa saudara saudara kita di Pidie, Aceh. Semoga mereka diberikan ketabahan dalam menghadapi bencana ini. Seperti diberitakan, wilayah Pidie, Aceh diguncang gempa bumi berkekuatan 6,4 SR tadi pagi. Gempa bumi yang lumayan dasyat…Membaca lebih Gempa Aceh Pidie ›
    dokterMade
  • 3 Jenis Olahraga Yang Bikin Panjang Umur Desember 7, 2016
    Sedang mencari hobi yang baru? Cobalah olahraga tenis, renang dan menari, sebab menurut studi terbaru yang dipublikasikan dalam British Journal of Sport Medicine, ketiga jenis olahraga tersebut bermanfaat sebagai obat panjang umur. Analisis yang dilakukan terhadap enam jenis olahraga, peneliti memperoleh…Membaca lebih 3 Jenis Olahraga Yang Bikin Panjang Umur […]
    dokterMade
%d blogger menyukai ini: