Alilanthoq Blog

SISTEM PERNAFASAN PADA MANUSIA

Posted on: Februari 24, 2010

Bernafas merupakan salah satu ciri mahluk hidup.Bernafas adalah proses menghirup oksigen (O2 )dan mengeluarkan karbon dioksida (CO2 )serta uap air (H2O). Oksigen yang dihirup akan digunakan untuk proses pembakaran ( oksidasi )sari – sari makanan,seperti karbohidrat dan lemak.

Pada manusia proses  pernafasan terjadi secara tidak langsung karena melalui alat -alat pernafasan. Pernafasan secara tidak langsung dapat dibedakan menjadi dua tahap , yaitu respirasi eksternal (respirasi luar ) dan respirasi internal (respirasi dalam ). Respirasi eksternal meliputi proses pengambilan O2 dan pengeluaran CO2 dan uap air antara organisme dengan lingkungannya . Respirasi internal disebut juga pernafasan seluler karena terjadi didalam sel.

A.Alat Pernafasan pada Manusia

1.Hidung

Didalam hidung bagian dalam terdapat selaput mukosa . Permukaan selaput mukosa akan menghasilkan lendir  yang berfungsi untuk melembabkan  dan menghangatkan  udara yang masuk ke paru – paru. Pada permukaan mukosa terdapat rambut – rambut yang berfungsi menyaring debu atau kotoran yang masuk ke rongga hidung.

2.Faring (tekak )

Faring merupakan rongga persimpangan antara saluran pencernaan dan saluran pernafasan. Pada percabangan tersebut terdapat  epiglottis  yang menjaga agar makanan  tidak masuk ke saluran pernafasan.  Saat menelan makanan , epiglottis akan menutup  pangkal tenggorokan  sehingga makanan masuk ke kerongkongan . Saat bernafas , epiglottis akan membuka saluran tenggorokan dan menutup kerongkongan , sehingga udara masuk ke tenggorokan .

3. Tenggorokan (Trakea)

Tenggorokan merupakan saluran udara ke paru –paru . Pangkal tenggorokan disebut juga  laring (jakun).Pada laring terdapat kotak  suara dan sepasang  pita suara . Bagian tersebut  menghasilkan  suara  saat kita berbicara . Jakun laki – laki lebih besar  daripada jakun perempuan. Hal itu disebabkan  karena kotak suara laki -laki lebih besar  daripada kotak suara perempuan . Oleh sebab itu , suara laki – laki lebih besar  daripada suara perempuan .

Batang  tenggorokan tersusun atas tulang –tulang  rawan yang berbentuk cincin. Cincin –cincin tersebut salang berhubungan sehingga membentuk pipa . Dinding dalam batang tenggorokan  mengandung rambut getar dan dilapisi lilin. Keduanya berfungsi untuk menahan debu dan kotoran yang masuk bersama udara

4.Paru- paru

Ujung bawah tenggorokan bercabang dua , ke kanan dan ke kiri .Setiap percabangannya disebut bronkus. Didalam paru-paru , Ujung  bronkus  bercabang –cabang. Cabang bronkus  ini disebut bronkiolus. Bronkiolus berujung pada gelembung- gelembung  halus yang dinamakan alveolus. Setiap alveolus  diselubungi pembuluh darah kapiler. Pada bagian inilah terjadi pertukaran  gas antara oksigen dengan karbon dioksida .

Paru-paru terletak pada rongga dada dan dilindungi oleh tulang rusuk. Paru paru dibentuk oleh kurang lebih 300 juta alveolus. Paru-paru terbagi dua ,yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan terdiri atas tiga gelambir (lobus) dan paru-paru kiri terdiri atas dua gelambir (lobus).

B. Proses Bernafas

Salah satu sifat udara adalah mengalir dari tempat yang bertekanan tinggi ketempat yang bertekanan rendah . Pada saat rongga dada kita membesar , tekanan udara dalam rongga dada akan lebih kecil daripada tekanan udara diluar tubuh . Hal ini menyebabkan paru-paru mengembang dan udara luar  masuk kedalam paru-paru . Ketika rongga dada kembali ke posisi semula, udara didalam paru-paru akan keluar.

C.Jenis Pernafasan pada Manusia

Berdasarkan organ yang menyebabkan rongga dada membesar , pernafasan dapat dibagi dua, yaitu pernafasan dada dan pernafasan perut .

1.Pernafasan dada

Pada pernafasan dada, rongga dada membesar karena adanya gerakan tulang rusuk. Ketika tulang rusuk terangkat , rongga dada akan membesar . Oleh sebab itu udara didalam paru-paru berkurang sehingga udara luar dapat masuk ke paru-paru. Saat menghembuskan nafas , tulang rusuk kembali ke posisi semula sehingga rongga dada mengecil . rongga dada mengecil menyebabkan udara dalam paru-paru tertekan ke luar.

2.Pernafasan perut

Pada pernafasan perut , rongga dada membesar akibat gerakan sekat (otot) antara rongga dada dengan rongga perut , yang disebut diafragma. Ketika diafragma berkontraksi , diafragma akan turun sehingga rongga dada membesar . Rongga dada yang membesar menyebabkan udara luar dapat masuk keparu-paru . Saat menghembuskan nafas , diafragma kembali ke posisi semula . Hal ini menyebabkan rongga dada mengecil . Rongga dada yang mengecil menyebabkan udara dalam paru-paru tertekan ke luar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Its Me

SELAMAT DATANG

Hai..sobat, blog ini aku jadikan flasdisc di diawang-awang, aku tulis apa yang ingin aku tulis, aku simpan apa yang ingin aku simpan, seputar anatomi dan fisiologi manusia, penyakit dan materi kuliah keperawatan Semoga bermanfaat...
Februari 2010
S S R K J S M
    Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

RSS Blog seorang dokter

  • Berkunjung Ke Balai Kota Bandung Agustus 23, 2016
    Pagi ini saya bersama teman teman peserta Diklatpim tingkat IV TNI AD berkunjung ke Balai Kota Bandung dalam rangka Benchmarking Proyek Perubahan. Perjalanan dari PusdikAjen Lembang ke Balai Kota Bandung ditempuh sekitar 40 menit. Benchmarking kali ini dibagi menjadi 3…Membaca lebih Berkunjung Ke Balai Kota Bandung ›
    dokterMade
  • Stevens-Johnson syndrome Agustus 13, 2016
    Stevens-Johnson syndrome atau SJS adalah reaksi alergi serius yang gejalanya menyerang seluruh organ tubuh (sistemik). Gejala utama dari sindrome ini adalah adanya ruam pada kulit dan lapisan lendir tubuh termasuk di permukaan dalam mulut, konjungtiva mata dan daerah kelamin. SJS…Membaca lebih Stevens-Johnson syndrome ›
    dokterMade
  • Sekilas Tentang Sepsis Agustus 12, 2016
    Sepsis adalah penyakit yang ditandai dengan adanya bakteri (bakteremia), organisme infeksius atau toksin yang dihasilkan oleh organisme infeksius yang beredar bersama aliran darah ke seluruh tubuh. Sepsis bisa muncul bersama dengan penyakit sistemik lainnya dan menimbulkan gejala seperti demam, menggigil,…Membaca lebih Sekilas Tentang Sepsis ›
    dokterMade
  • Rio Haryanto Out Agustus 10, 2016
    Sebenarnya sangat kecewa setelah membaca berita tentang dikeluarkannya Rio Haryanto dari Tim Manor Racing. Mengapa? Karena Rio turut berperanan penting dalam meningkatkan kegairahan balapan Formula 1 di tanah air.  Lebih kecewa lagi karena alasan dikeluarkannya Rio dari Manor Racing karena…Membaca lebih Rio Haryanto Out ›
    dokterMade
  • Masuk PusdikAjen Lagi Agustus 7, 2016
    Hari ini saya kembali ke barak PusdikAjen, Lembang, Bandung setelah melakukan breaktrough yang pertama off campus melaksanakan diagnostik reading di unit kerja. Banyak istilah yang aneh ya? Yap, Diklatpim tingkat IV pola baru ini memang memunculkan banyak istilah baru dengan…Membaca lebih Masuk PusdikAjen Lagi ›
    dokterMade
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: